EtherPOS 1 year ago
etherpos #article

Decentralized

Jenis macam fitur dari web3 adalah decentralized atau terdesentralisasi.

Berbeda dengan dua generasi pertama web, di mana tata kelola dan aplikasi sebagian besar terpusat, web 3.0 akan terdesentralisasi.

Aplikasi dan layanan akan diaktifkan dalam pendekatan terdistribusi, di mana tidak ada otoritas pusat.

Web 3.0 sengaja dirancang untuk mengatasi masalah yang lazim dan melekat pada ekosistem Internet saat ini. Namun, tidak ada otoritas terpusat yang mengawasi perkembangan Internet baru dan terbuka ini. Sebaliknya, Internet versi ini tengah dibuat melalui upaya berbagai macam bisnis swasta, non-profit organization, dan individu yang diselaraskan secara bebas.

Entitas yang berbeda ini mendekati pengembangan internet versi tiga ini dalam berbagai cara. Dengan organisasi seperti Web3 Foundation terutama berfokus pada penetapan pedoman untuk keseluruhan sistem Web 3.0. Sementara bisnis seperti ConsenSys Labs membantu wirausahawan membangun decentralized applications (dApps) yang mungkin akhirnya mengisi lanskap digital internet versi baru ini.

Web3 merupakan sebuah dobrakan untuk membuka jaringan dengan karakteristik yang bersifat terbuka, trustless dan permissionless. Terbuka, karena jaringan ini dibangun dari perangkat lunak bersifat open-source. Jaringan ini pun dibuat oleh komunitas developer yang terbuka dan dapat diakses serta dijalankan dalam tampilan penuh. Trustless, karena jaringan itu sendiri memungkinkan peserta untuk berinteraksi secara publik atau pribadi tanpa melibatkan pihak ketiga yang tepercaya. Permissionless, di mana pun dan siapa pun, baik pengguna maupun pemasok, dapat berpartisipasi tanpa izin dari lembaga pengatur.

Dengan Web3, jaringan terdesentralisasi. Jadi tidak ada entitas yang mengontrolnya, dan aplikasi terdesentralisasi (dapps) yang dibangun di atas jaringan dibuka. Keterbukaan web yang terdesentralisasi berarti tidak ada pihak yang dapat mengontrol data atau membatasi akses. Siapa pun dapat membangun dan terhubung ke dapps yang berbeda tanpa izin dari perusahaan pusat.

Singkatnya, Web3 memungkinkan masa depan di mana pengguna dan mesin dapat berinteraksi dengan data, nilai, dan rekanan lainnya melalui substrat jaringan bersifat peer-to-peer. Dengan begitu, interaksi tidak lagi memerlukan pihak ketiga. (*dari berbagai sumber)

1
385
Bitcoin ATH Baru pada tahun 2024 ??

Bitcoin ATH Baru pada tahun 2024 ??

1672732595.png
EtherPOS
9 months ago
Program M.A (Marketing Agency) Etherpos!

Program M.A (Marketing Agency) Etherpos!

1672732595.png
EtherPOS
5 months ago
video

Presentasi Bisnis EtherPOS

etherpos
EtherPOS
1 year ago
CEX vs. DEX — Apa perbedaannya?

CEX vs. DEX — Apa perbedaannya?

1672732595.png
EtherPOS
1 year ago
Announcement

Announcement

1672732595.png
EtherPOS
9 months ago