EtherPOS 1 year ago
etherpos #article

Panduan Dapps Browser #1

Peramban DApp, kependekan dari Peramban Aplikasi Terdesentralisasi, adalah peramban web yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berinteraksi dengan aplikasi terdesentralisasi (DApps) pada jaringan blockchain seperti Ethereum. Tidak seperti aplikasi web biasa, DApps bersifat open-source dan didistribusikan ke beberapa komputer dalam jaringan peer-to-peer alih-alih dihosting di satu komputer atau server. Dengan demikian, mereka tidak dapat ditutup oleh entitas tunggal mana pun, menjadikannya lebih aman, tangguh, dan tahan sensor daripada aplikasi tradisional.

Browser DApp memberi pengguna antarmuka pengguna untuk berinteraksi dengan berbagai aplikasi terdesentralisasi yang berjalan di jaringan blockchain yang sama. Contohnya termasuk MetaMask untuk Ethereum, Trust Wallet untuk Tron, dan Coinbase Wallet untuk Bitcoin. Browser ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mencari DApps dalam ekosistem masing-masing, melihat fitur dan fungsinya serta mengirim dan menerima transaksi cryptocurrency.

Tidak seperti browser web tradisional di mana situs web dihosting oleh satu server atau sistem komputer, cara data disimpan di blockchain berarti tidak ada titik kegagalan terpusat sehingga meskipun satu node mati, seluruh aplikasi tetap tersedia selama ada node lain yang menyediakan layanan cadangan. Hal ini mempersulit entitas eksternal seperti pemerintah atau peretas untuk memanipulasi atau mengendalikan sistem terdesentralisasi ini. Selain itu, karena semua data diamankan secara kriptografis melalui algoritme hashing, tidak ada satu pihak pun yang dapat memperoleh akses ke informasi rahasia pengguna tanpa izin mereka, menjadikannya jauh lebih aman daripada layanan web tradisional yang rentan terhadap serangan peretasan dan pelanggaran data.

Untuk menggunakan DApps melalui browser DApp, pengguna memerlukan semacam dompet digital yang diinstal dan diintegrasikan ke dalam browser mereka untuk menyimpan cryptocurrency yang terkait dengan akun mereka dengan aman serta mengautentikasi diri mereka sendiri sebelum menggunakan aplikasi apa pun dalam jaringan blockchain tertentu yang mereka inginkan. menggunakan; contoh dompet yang didukung termasuk MetaMask (untuk Ethereum), Trust Wallet (untuk Tron), Coinbase Wallet (untuk Bitcoin) dll... Selain itu, bergantung pada jenis DApp yang Anda gunakan, Anda mungkin juga memerlukan pustaka atau plugin perangkat lunak khusus yang dipasang ke komputer Anda untuk 'mengirim' informasi secara aman melalui internet; contohnya termasuk Web3js (untuk Ethereum) atau tronweb (untuk TRON).

Sebagai kesimpulan, meskipun ada banyak manfaat yang terkait dengan penggunaan aplikasi terdesentralisasi seperti peningkatan ketahanan keamanan dan penolakan sensor, aplikasi tersebut tetap harus digunakan secara bertanggung jawab mengingat sifatnya yang terdistribusi, hanya ada sedikit jalan keluar yang tersedia setelah dana dikirim dari alamat karena ireversibilitasnya yaitu tidak seperti transaksi perbankan di mana seseorang dapat membantah biaya penipuan terjadi transfer bank / transfer mata uang kripto terjadi hampir secara instan meninggalkan margin yang sangat kecil dimana lembaga penegak hukum dapat merespons sesuai jika terjadi aktivitas penipuan yang terjadi dari aktor jahat yang mengeksploitasi kerentanan yang terkait dengan protokol tertentu . Dengan semua ini dikatakan, browser DApp adalah cara terbaik untuk mengakses dunia aplikasi terdesentralisasi dengan aman dan memanfaatkan banyak manfaatnya.

Siapa yang Menggunakan Browser DApp?

Pedagang Kripto:

Pengguna ini tertarik untuk membeli, menjual, dan berinvestasi dalam berbagai jenis mata uang kripto. Mereka menggunakan browser DApp untuk membantu mereka meneliti proyek dan token terbaru sambil menyediakan akses mudah ke semua aplikasi terdesentralisasi yang mereka perlukan untuk melakukan perdagangan.

Gamer:

Para pengguna ini senang memainkan game berbasis blockchain di jaringan Ethereum dan menggunakan browser DApp untuk mengakses game ini dengan mudah dari perangkat apa pun.

Hobi:

Pengguna biasa ini mungkin bukan investor atau pemain game besar, tetapi masih ingin menjelajahi teknologi blockchain untuk kesenangan atau tujuan pendidikan. Browser DApp menawarkan cara mudah bagi pengguna dari semua tingkat keahlian untuk mengenal aplikasi terdesentralisasi dan memahami cara kerja blockchain pada tingkat yang lebih dasar.

Pengembang:

Pemrogram dapat menggunakan browser DApp untuk menguji dApps baru sebelum menerbitkannya dengan mudah. Dengan fitur bawaan seperti kompilasi kode otomatis, pengembang dapat meluncurkan aplikasi mereka dengan cepat dan memecahkan masalah apa pun yang muncul.

Bisnis:

Perusahaan dapat menggunakan browser seperti Metamask atau Mist untuk meluncurkan aplikasi terdesentralisasi (dApps) tingkat perusahaan dengan aman yang meningkatkan efisiensi dengan merampingkan alur kerja, transaksi, kontrak, dll.

Pengolah Data:

´╗┐Peneliti dan ilmuwan data yang tertarik untuk memahami teknologi blockchain dengan lebih baik dapat menggunakan browser DApp untuk melihat berbagai jenis alat analitik yang tersedia. Alat-alat ini berguna untuk melacak tren dan mengungkap wawasan tersembunyi tentang keadaan industri blockchain saat ini.

1
1.7K
video

Welcome to The third generation of web

etherpos
EtherPOS
5 months ago
Exchange Hotbit Hentikan Operasi, Pengguna Diminta Segera Tarik Aset!

Exchange Hotbit Hentikan Operasi, Pengguna Diminta Segera Tarik Aset!

1672732595.png
EtherPOS
1 year ago
­čö┤BLOCKCHAIN HILANG Teknologi Dunia TerancamÔÇ╝

­čö┤BLOCKCHAIN HILANG Teknologi Dunia TerancamÔÇ╝

1672732595.png
EtherPOS
11 months ago

Unlock the Power of Crypto Staking

Crypto betting is the process of storing cryptocurrency in a wallet to support the operati...

1672732595.png
EtherPOS
1 year ago
Special Promo EtherPOS  go to Blockchain Fest 2023 in singapore

Special Promo EtherPOS go to Blockchain Fest 2023 in singapore

1672732595.png
EtherPOS
1 year ago